Sistem Reproduksi Teripang

teripangemas.com ,- Selamat datang kembali semua para sahabat TeripanEmas.com yang selalu menunggu updatetas terbaru dari artikel kami tentang semua pemabahasan teripang emas. Kemarin saya sudah menjelaskan tentang Sistem Pencernaan Teripang dan sekarang saya akan menjelaskan tentang Sistem Reproduksi Teripang , yang mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk anda semuanya yang sedang ingin meneliti dan mengetahui tentang teripang lebih lanjut lagi.

Sistem Reproduksi Teripang

Teripang EmasSecara umum Teripang adalah Dioecius, yaitu alam kelamin jantan dan betina terdapat pada individu yang berbeda. Namun adapula beberapa spesies hermaprodith, seperti : Cucumaria laevigata dari ordo Dendrocirotida dan Mesothuria intestinalis dari ordo Aspidocirotida. Secara visual kedua jenis kelamin ini tidak dapat dibedakan, kecuali pada jenis teripang tertentu yang berkelamin betina mengeluarkan telurnya. Perbedaan ini akan terlihat jelas apabila diamati dengan bantuan mikroskop dengan cara menyayat bagian orga kelamin jantan dan betina. Organ kelamin betia berwarna kekuning-kuningan dan bila kelaminnya sudah matang berubah menjadi kecoklat-coklatan, sedangkan organ jangan berwarna bening keputihan. Beberapa spesies dari ordo Dendrocirota adalah hermaprodith.

Holothuroidea berbeda dengan kebanyakan Echinodermata, karena Holothuroidea mempunyai tunggal Gonad teripang jenis microthele nobilis dan thelenota ananas betina pada stadium kematangan gonad I dan II terdiri dari sel-sel germinal berbentuk bulat dengan diameter kurang dari 30µm. Pada stadium selanjutnya sel telur pada teripang betina dan sel sperma pada teripang jantan diameternya berkembang mengikuti perkembangan TKG nya.

Waktu reproduksi ditentukan oleh kemampuan organisme dewasa dalam mendapatkan makanan yang selanjutnya akan diubah dalam bentuk energy untuk melakukan reproduksi. Teripang pada umumnya berkembang biak pada perairan disekitar lingkungan hidupnya. Spesies yang hidup di perairan tropis tidak mempunyai waktu tertentu untuk musim berkembang biaknya sepanjang tahun. Diduga siklus reproduksi tersebut dipengaruhi oleh factor luar diantaranya, suhu, salinitas, kelimpahan makanan, serta intensitas cahaya matahari. Selain itu perubahan salinitas karena masuknya air bersih sewaktu musih hujan berlangsung dapat menyebabkan pemijahan pada teripang pasir dan organisme laut tropis lainnya.

Teripang berkembang biak biasanya dilakukan pada siang atau malam hari. Proses berkembang biaknya teripang berlangsung sebagai berikut :

  1. Teripang jantan mengeluarkan spermanya ke air
  2. Lalu teripang betina mengeluarkan telur dibantu oleh rangsangan pheromone
  3. Sperma teripang jantan akan membuahi sel telur di luar tubuh (di dalam air)
  4. Kemudian telur yang sudah dibuahi akan tenggelam dan diangkat kembali oleh teripang betina dengan tentakelnya lalu dimasukkan ke dalam kantung pengeraman
  5. Rata-rata pemijahan teripang berlangsung selama 30 menit
  6. Walaupun ada juga yang berlangsung antara 15 menit hingga 4 jam dan pembuahan terjadi di dalam air
  7. Setelah pembuahan telur akan tenggelam di dasar perairan atau melayang di permukaan air

Secara umum telur yang dibuahi setelah kira-kira 18jam akan menjadi gastrula. Selanjutnya selama 3 sampai 4 hari larva ini akan menjadi larva auricularia akan menjadi larva doriolaria yang berbentuk tabung. Setelah mengalami proses metamorfosa, larva ini akan berkembang menjadi larva pentacula. Pada tahap ini mulai tampak sejumlah tentakel pada bagian anterior dan sepasang podia pada bagian posterior yang pada akhirna menjadi teripang muda yang mentap pada dasar laut.

Nah teman-teman itulah pengertian dari Sistem Reproduksi Teripang dan mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk semuanya yang ingin mengetahui teripang lebih dalam lagi. Mohon maaf yah apabila ada kesalah kata atau kesalah dalam pengetikan harap dimaklum saja 😀

Sistem Reproduksi Teripang

reposted by : teripangemas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *