Sistem Pencernaan Teripang

teripangemas.com ,- Setelah kemari saya menjelaskan tentang Morfologi Dari Teripang yang sudah saya rangkum kedalam artikel ini dan dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Sistem Pencernaan Teripang. Bagi anda yang belum tahu bagaimana dari sistem pencernaan teripang simaklah dibawah ini.

Sistem Pencernaan Teripang

Teripang EmasSistem Pencernaan Teripang berbentuk tabung memanjang, terdiri dari tentakel, mulut, kerongkongan, perut besar, usu kecil, kloaka dan anus. Saluran pencernaan teripang bulat panjang merentang diatas tubuh dalam rongga coelum. Oesophagus yang pendek merupakan sambungan dari muluh ke lambung, selanjutnya intestinum yang panjang dengan ditopang oleh mesentris dan dihubungkan dengan kloaka yang berotot dan berakhir pada anus yang terletak dibagian posterior.

Mulut teripang berbentuk bulat atau sedikit ovar, terletak ditengah selapun bukan dan dikelilingi oleh sederetan tentakel bukal. Mulut teripang dilingkari oleh semacam otot polor yang diduga berfungsi sebagai bibir. Faring dan esofagus relatif pendek dan esofagus kadang-kadang tereduksi. Faring melekan dengan erat pada dinding tubuh dengan bantuan suspensor yang terdiri otot dan jaringan ikat. Lambung ditandai oleh kehadiran otot polos yang membesar, tetapi pada beberapa anggota Holothuroidea pembesaran polos ini tidak begitu jelas. Selain dari pembesaran otot polos, lambung pada awal dan akhirnya juga ditandai oleh semacam penyempitan (contriction). usus merupaka bagian saluran pencernaan yang paling panjang, kurang lebih 2 sampai 3 kali panjang total tubuh. Usus teripang tersusun secara berbelok didalam tubuh, mula-mula usus berjalan memanjang sisi middorsal kearah belakang, kemudian membelok kembai kearah depan melalui sisi tubuh sebelah kiri. Setelah sedikit melewati faring, usus ini berbelok kembali kearah belakang sepanjang sisi midventral. Bagian usus paling belakang penuh dengan makanan yang ditelan, bagian ini kadang-kadang disebut sebagai usus besar, dan bagian sebelumnya disebut dengan usus halus, Usus akan berlanjut kebagian rektum dan kloaka. Rektum dan kloaka mempunya struktur dinding yang tebal, kloaka melekan pada bagian posterior tubuh dengan bantuan suspensor ( kloakal – suspensor ) ukuran dan bentuk dari komponen saluran makanan ini bervariasi dari jenis kejenis lainnya.

Secara umum saluran pencernaan teripang dibangun oleh 5 lapisan, yaitu :

  1. Lapisan Epitel
  2. Lapisan Jaringan Penyokong Dalam
  3. Lapisan Polos dan Otot Bergaris
  4. Lapisan Jaringan Penyokong Luar
  5. Lapisan Peritoneum Bersilia

Lapisan peritoneum bersilia ini kadang-kadang absen pada sebagian anggota kelompok teriang. Sel-sel kelenjar dan sel-sel mukosa yang berperan penting dalam pencernaan terdapat diantara sel-sel epitel. Posisi anus pada teripang juga bervariasi, biasanya terletak diujung posterior dari tubuh. Pada bangsa Elasipoda anus terletak pada posisi posterio-ventral dari ujung tubuh, sedangkan pada bangsar Dactylochirotida, sebagian anggota Aspidochirotida dan Dendrochirotida, mempunyai anus yang terletak diujung poterio-dorsal.

Sebagaimana lazimnya pada biota lain, gerak pertikel makakan dalam saluran pencernaan dimungkinkan oleh dara peristaltik. Daya peristaltik timbul akibat gerakan dinding saluran pencernaan yang fungsinya dikoordinasikan oleh kerja otot polos yang dibantu oleh otot bergaris.

Gambar Sistem Pencernaan Teripang

Teripang EmasKeterangan :

  1. Faring
  2. Esofagus
  3. Lambung
  4. Usus Halus
  5. Usus Besar
  6. Kantung Lambung
  7. Rektum
  8. Kloaka

 

Itulah penjelasan mengenai Sistem Pencernaan Teripang yang mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk kita semuanya dalam mengetahui sebenar-benarnya apa itu yang dimaksud dengan teripang dan mudah-mudahan anda selalu setia menunggu informasi dari kami . Rupanya cukup sekian dulu dari saya , tunggu updatetan artikel lainnya.

Sistem Pencernaan Teripang

resposted by : teripangemas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *